Minggu, 12 Oktober 2008

Cek Roller, Yuk!

rollerGak kerasa sebentar lagi sudah mau setahun saya pake Sliding Roller dari Dr Pulley. Sekilas saya mengingat teman-teman saya yang meragukan "roller persegi" ini. Ada yang bilang gak bagus, ada yang bilang gak awet, ada yg mengklaim merusak variator, dsb. Pendapat-pendapat tadi sebenarnya wajar mengingat teman-teman dan juga saya termasuk awam dengan produk baru. Tapi saya memilih untuk bereksperimen dan saya berani tanggung resikonya. Kita gak akan pernah tau kalo kita nggak nyoba, bukan? ;)

rollerOK. Dari sisi performa, memang nggak 100% karena variatornya masih yang standar. Seandainya ada variator dari Dr Pulley yang memang untuk Vario, pasti performanya jadi jauh lebih optimal. Testimoni dari teman-teman Kymco mengatakan bahwa penggunaan Sliding Roller + Variator set dari Dr Pulley sangat signifikan dalam meningkatkan akselerasi dan re-akselerasi. Bisa aja sih dipasang yang ada sekarang, tapi saya jadi harus ngengkol terus kalo mau starter. Udah gitu boss variatornya harus ngebubut. Terlalu riskan. Jadi ya sudah lah...

Nah! Bagaimana dalam sisi durabilitas? Apakah sesuai dengan janjinya bahwa si roller persegi ini umurnya labih bagus daripada roller konvensional?

rollerUntuk menjawab pertanyaan itu, waktu liburan Idul Adha kemarin saya sempatkan datang ke AHASS langganan saya untuk cek kondisi roller dan segala-galanya. Serius. Segala-galanya. Motor saya ini termasuk gak pernah saya rawat rutin. Pingin tau aja beneran kuat atau nggak nih kalo gak dimanja. (Ah bilang aja males ke bengkel. Hahaha!)

Sambil duduk di ruang tunggu, saya lihat Vario saya sudah naik ke atas pit. Lalu si mekanik ngobrol dulu sama si kepala bengkel. Mungkin konsultasi soal bongkar-bongkar CVT dan izin pemakaian special tools. Maklum, Honda sini mekaniknya masih banyak yang belum mahir soal matic. Dulu Yamaha begini juga gak ya waktu awal-awal muncul Nouvo dan Mio? Tiba-tiba, BRUK!, sebuah buku manual yang besar dan cukup tebal mendarat di paha saya. Ternyata itu buku manual mekanik untuk Vario. Rupanya saya dikasih kesempatan untuk sedikit ngintip-ngintip manual itu. Langsung aja saya bedah kilat bagian CVT, khususnya bagaimana cara bongkar variator.

Aha! Akhirnya saya tau! Selama ini, mekanik kepercayaan saya di Jakarta cuma punya universal holder yang untuk ngebuka kopling. Alat ini bisa juga dipake buat ngebantu buka variator, tapi bukan
model variator yang dipake di Vario. Punya Vario modelnya setipe dengan Piaggio punya, bo. Motor "kacang goreng" aja gaya banget deh. Hahaha! Ternyata saya harus punya universal holder dengan kepala pipih untuk menjepit ujung luar variator yang bergerigi. Wah... saya gak sempat aja nih belanja alatnya ke Kota, padahal cuma 170 ribu aja lho. Selama ini cuma pake cara manual yang sangat tidak dianjurkan untuk Anda yang tidak nekat. Tapi itu di lain pembahasan. Hehehe... Penasaran, penasaran deh. :P

OK. Balik lagi ke cerita di bengkel. Si mekanik tampak hati-hati sekali waktu mau bongkar case CVT-nya. Padahal saya kalo di rumah malah main bongkar aja (tentunya setelah kondisi CVT sudah dingin). Pertama si mekanik mencopot kopling, terus dia copot variator luarnya, drive belt dikeluarkan dari dalam case
, dan terakhir si rumah roller (movable drive face / MDF) keluar dari persemayamannya *halah!*. Kelihatan banget si mekanik gak pengalaman untuk megang matic, tapi saya hargai banget usaha dia untuk dengan sabar ngerjain motor saya sambil terus berkonsultasi dengan buku manual. Sedikit-sedikit saya kasih guide supaya dia nggak terlalu ragu waktu bongkar pasang vario saya.

Inilah saat yang dinanti-nanti! MDF sudah di tangan dan siap untuk dibuka. Dan ternyata... JRENG JRENG!!


Ini foto yang lebih dekat lagi. Embosan merek dan spesifikasinya masih bagus lho.


Sorry ya fotonya buram. Pake hape sederhana sih. Gak ada mode macro.


Ini foto dari sisi yang bersinggungan dengan permukaan MDF. Keausannya masih wajar.


Ya, itulah foto-foto amatirnya. Kondisi permukaannya banyak yang kotor, wajar kalo menimbang kondisi jalanan yang saya tempuh dengan motor ini. Saya ambil satu roller dan saya goyang-goyangkan di dekat telinga saya, kondisinya masih sangat solid. Beda sekali dengan kondisi roller original yang baru beberapa bulan dipake tapi sudah koclak dan sedikit peyang. Dari sini saya berkesimpulan bahwa, pendapat-pendapat teman-teman saya seperti yang tertulis di awal artikel ini adalah tidak benar atau mungkin pas kebeneran sedang apes aja.

Setelah merasa lega dengan kondisi roller, maka saya persilakan si mekanik untuk memasang kembali CVT vario saya. Tiba-tiba dia tanya, "Mas Aria, ini rollernya masangnya gimana ya?"

Alamak! Mampus dah gw lupa posisi masangnya yang benar! Akhirnya saya arahkan seingat saya aja. Saya bilang, "Pokoknya yang ada tulisannya itu di sebelah kanan, mas."

Setelah selesai pemasangan, mesin pun di-test. Saya dekatkan kuping saya ke atas mesin (underseat belum dipasang) nggak ada gejala yang aneh. Ada suara kasar, tapi seperti biasanya itu dari kipas radiator. Makanya Vario kalo jalan berisiknya setengah mati. Setelah itu pemasangan dirampungkan dan si mekanik test ride sekenanya, nggak ada masalah. Kita coba dengarkan sekali lagi setelah test ride, nggak ada masalah juga. "Oke lah", pikir saya. Saya pun bergegas pulang karena hari sudah sore dan esok harinya harus ke Bandung bareng sepupu-sepupu.

Alhamdulillah. Akhirnya service juga. Hahaha!

Tidak ada komentar: