Minggu, 12 Oktober 2008

Istilah dalam fitur motor matic

shiftlockTombol-tombol bertanda khusus, yang menjadi indikator dari fitur penunjang transmisi otomatis, dirancang untuk memudahkan para penggunanya. Selain itu dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil, asalkan Anda mengetahui peruntukannya.

Gbr. Fiturn Shift Lock, agar tuas presneling dapat ke posisi netral saat parkir.


OVER DRIVE (O/D) :
Fitur ini idealnya diaktifkan saat melakukan perjalanan ke luar kota. Pasalnya kondisi lalu-lintas jalur antar-kota relatif lebih lancar, ketimbang di dalam kota yang banyak menemui kemacetan. Saat fitur O/D (over drive) diaktifkan (O/D ON), percepatan bisa mencapai gigi transmisi paling akhir. Disamping itu dapat berdampak pada pemakaian BBM yang lebih efisien, lantaran putaran mesin tidak meraung pada rpm tinggi.




ECONO (ECO) :

Econo atau Eco diambil dari kata ekonomis (economic). Fitur ini bisa diaktifkan saat terjebak dalam kemacetan. Lantaran fungsinya untuk mengontrol bahan bakar yang dibutuhkan mesin, tanpa ada penambahan atau pengurangan. Alhasil, perbandingan antara konsumsi bahan bakar dengan tenaga yang dihasilkan bisa optimal.

SPORT/POWER :

Fitur pendukung ini berguna untuk menambah akselerasi. Sehingga tenaga mesin lebih responsif terutama di jalur menanjak. Saat mode Sport/Power diaktifkan, perpindahan tiap giginya bisa lebih lama sekitar 6.000-6.500 rpm.

SNOW/WINTER :

Fitur Snow/winter umumnya diaplikasi pada besutan Eropa. Meski begitu fitur pendukung matik ini boleh saja diaktifkan untuk keselamatan. Terutama saat melintas di aspal basah dengan kemiringan cukup curam. “Putaran mesin memang diseting sangat lambat, sehingga sangat membantu menciptakan traksi ke tanah,” jelas Denny Hermawan, service manager Bimmer Auto Works (BAW), bengkel spesialis BMW di Jl. Arteri Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakbar

Tidak ada komentar: